Berita dan Kegiatan

Paradigma Sehat Ujung Tombak Kesehatan Masyarakat

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 Sehat adalah salah satu sendi dasar kehidupan manusia. Di sisi lain, setiap orang punya hak dan juga tanggung jawab untuk hidup sehat.

Dari sudut pemerintah kini, konsep Nawa Cita secara jelas menyebutkan untuk "meningkatkan kualitas hidup manusia", di mana kesehatan tentu merupakan salah satu komponen utamanya.

 

 

Jika kita lihat Indeks Pembangunan Manusia, Indonesia di posisi 108 dari 187 negara. Penilaian IPM, berdasarkan lama sekolah yang saat ini Indonesia mempunyai lama sekolah 8,14 tahun.

Untuk kesehatan dikarenakan telah dimulai Universal Health Coverage, peringkat Indonesia meningkat dan penilaian ketiga adalah ekonomi yang menjadi tantangan tersendiri bagi dunia kesehatan.

Dengan diberlakukannya Jaminan Kesehatan Nasional awal tahun 2014, bagi masyarakat tak mampu mendapatkan bayar iuran dari pemerintah (Penerima Bantuan Iuran = PBI), sebanyak 86,4 juta dari data 90,7 juta orang tak mampu dan dengan diberlakukannya Kartu Indonesia Sehat (KIS), Penyandang Masyarakat Kesejahteraan Sosial, ditambah bayi baru lahir dan penderita pascarehabilitasi narkoba masuk sebagai PBI menjadi meningkat.

Asuransi kesehatan dimulai dengan Askes bagi pegawai negeri sipil, dan Askes saat itu sebagai BUMN dengan mengembalikan dana kepada pemerintah jika premi tak terpakai dan juga melaksanakan pengadaan obat-obatan bagi PNS yang berobat.

Inti dari kesemua ini tak hanya masyarakat, PNS, tentara dan buruh, tetapi seluruh masyarakat seharusnya mempunyai asuransi kesehatan sebagai payung saat jatuh sakit dapat mempunyai akses ke layanan kesehatan.

 

Bagi masyarakat mampu, tetap dapat membeli asuransi kesehatan swasta (private insurance) dengan membayar sejumlah premi sesuai dengan keinginan cakupan asuransinya.

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia

Organisasi profesi yang bersifat independen dan multidisipliner untuk kepentingan kesehatan masyarakat, memiliki visi untuk menjadi organisasi profesi bertaraf dunia dalam mencapai derajat kesehatan bangsa setinggi-tingginya.