ORKES – Obrolan Kesehatan #1 : Pelibatan Anak Muda dalam Transformasi Digital

 

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2022 dengan pemateri Mas Daniel Oscar Bascoro yang merupakan chief operating officer DTO, Kementerian Kesehatan. Acara ini dibuka dengan pengenalan Transform Health Indonesia oleh Bapak Deddy Darmawan selaku Transform Health Project Director, kemudian dilanjutkan pengantar oleh Bapak Ede Surya Darmawan selaku ketua umum PP IAKMI. ORKES dipandu oleh Mba Loveria Sekarrini selaku moderator. Adapun materi yang disampaikan yaitu program terkait transformasi digital dibidang kesehatan, peran anak muda dalam transformasi digital kesehatan, situasi dan tantangan kesehatan di Indonesia, kegiatan prioritas transformasi teknologi kesehatan, peta jalan transformasi dan digitalisasi kesehatan, platform Indonesia Health Services (IHS), dan ekosistem teknologi digital dalam penanganan pandemic Covid-19.

Kegiatan Orkes ini berjalan dengan lancar ditandai dengan terjalinnya interaksi yang baik antara peserta, pemateri, dan panitia. Selain itu, peserta cukup antusias dengan materi yang disampaikan oleh Mas Daniel Oscar. Peserta banyak yang memberikan pertanyaan mengenai bagaimana anak muda dapat terlibat dalam transformasi digital kesehatan namun tidak memiliki basic IT, skill apa sajakah yang perlu dipersipakan oleh seorang pemuda untuk berkontribusi dalam transformasi digital ini serta apakah ada platform yang dapat menampung ide atau inovasi terkait transformasi digital.

Dalam akhir sesi diskusi Mas Daniel Oscar Bascoro menyampaikan closing statement nya bahwa transformasi digital kesehatan ini tidak dapat dilakukan sendiri oleh Kementerian Kesehatan, kita ada 60 ribu fasilitas pelayanan kesehatan dan 250 juta penduduk. Oleh karena itu kita perlu kolaborasi bersama. Pemerataan kesehatan ini hal yang berat, tapi kita bisa wujudkan dengan bantuan teknologi informasi, jadi satu-satunya kunci untuk pemerataan kesehatan yaitu teknologi.

 

Pada akhir acara, Bapak Husein Habsyi selaku Sekretaris Jenderal PP IKAMI mengajak asosiasi, institusi, komunitas dan organisasi pemuda untuk bergabung dalam koalisi Transform Health Indonesia, dimana malelui koalisi ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian Universal Health Coverage (UHC) melalui penggunaan teknologi dan data digital.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para kaum muda untuk dapat terus mendorong dan mengakselerasi inovasi digital khususnya dibidang kesehatan.

 

Materi dan paparan narasumber dapat diakses di link https://bit.ly/MateriObrolanKesehatan1  

 

Penulis

Febrina Nur Choirunisa

Communication Officer

Transform Health Indonesia – IAKMI

Email : transform.health.indonesia@gmail.com