Siaran Pers: Transformasi Digital Health Percepat Pencapaian Universal Health Coverage 2030

Jakarta - Laju pencapaian Universal Health Coverage (UHC) secara global dan di banyak negara telah melambat selama dekade terakhir. Diproyeksikan pada tahun 2030, hanya setengah dari populasi dunia yang akan memiliki akses ke layanan kesehatan primer. Hal ini akan menyebabkan miliaran orang jatuh ke dalam kemiskinan, layanan kesehatan yang tidak dapat diandalkan dan relatif mahal, membatasi akses mereka ke layanan kesehatan yang berkualitas dan meningkatkan kerentanan mereka terhadap penyakit menular dan tidak menular.

Digital health belakangan ini menjadi salah satu terobosan inovatif untuk menjawab tantangan dan mempercepat pencapaian UHC secara global. Penggunaan digital health bermanfaat untuk meningkatkan akses layanan kesehatan terutama bagi mereka yang berada di daerah yang sulit dijangkau, peningkatan keamanan dan kualitas layanan dan produk kesehatan, peningkatan pengetahuan dan akses informasi kesehatan bagi petugas kesehatan dan masyarakat, mengarah pada produktivitas tenaga kesehatan yang lebih baik, dan peningkatan pemanfaatan layanan kesehatan.

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) merupakan organisasi profesi di bidang kesehatan masyarakat yang berkomitmen mewujudkan Health for All. IAKMI mendukung transformasi digital health untuk mempercepat pencapaian UHC 2030. Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) bekerja sama dengan Transform Health mengadakan webinar MIRACLE TALKS: “Transformasi Digital Health Untuk Percepat Pencapaian Universal Health Coverage 2030” pada hari Selasa, 8 Juni 2021 jam 15.50-17.30 WIB secara virtual.

Webinar ini bertujuan untuk membahas pemanfaatan digital health untuk percepatan pencapaian UHC 2030 di Indonesia. Secara khusus, webinar ini bertujuan untuk: (1) membahas mengenai isu strategis pencapaian UHC saat ini dan penguatan sistem kesehatan menuju UHC 2030 di Indonesia; (2) membahas kebijakan teknologi digital dan pemanfaatan digital health di bidang kesehatan; dan (3) mengidentifikasi peluang dan tantangan penggunaan digital health untuk percepatan pencapaian UHC 2030 di Indonesia.

Narasumber pada webinar ini adalah Pungkas Bahjuri, PhD (Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/Bappenas),  dr. M. Subuh, MPPM (Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan), dan Frank Smith, PhD (Campaign Leader Transform Health). Pengantar Diskusi disampaikan Dr. Ede Surya Darmawan, SKM, MDM (Ketua Umum PP IAKMI).

 

file siaran pers https://drive.google.com/file/d/1G80kvK2qPmBr-WkVb8dkeZKlInmjKZhb/view?usp=sharing